Informasi Terbaru Terkini

Sabtu, 22 Juni 2013

Kabut Asap Dan Bahayanya Bagi Kesehatan Manusia

Kabut Asap Dan Bahayanya Bagi Kesehatan Manusia - Bau angit (bau benda terbakar) serta asap kini warnai udara pekanbaru dan wilayah lain Propinsi Riau, bahkan negara Tetangga Malaysia dan Singapura pun kini mulai tercemar kabut Asap. Dampak asap begitu luas, jangka pendek asap yang berupa bahan iritan (partikel) akibat pembakaran lahan berdampak negatif
terhadap kesehatan.


Bahaya Kabut Asap
Bagi Kesehatan Manusia

Pengaruhnya dalam jangka pendek itu adalah niengiritasi saluran pernafasan dan dapat diikuti dengan infeksi saluran pernafasan sehingga timbul gejala berupa rasa tidak enak di saluran pernafasan.
Gejalanya seperti batuk, sesak nafas (pneumonia) yang dapat berakhir dengan kematian, tambahnya.
Selain itu asap juga mengiritasi mata dan kulit, mengganggu pernafasan penderita penyakit paru kronik seperti asma dan bronchitis alergika.
Sedang gan CO pada asap dapat juga menimbulkan sesak nafas, sakit kepala, lesu, dan tidak bergairah serta ada perasaan mual.

Dampak jangka panjang bahan-bahan mengiritasi saluran pernafasan dapat menimbulkan bronchitis kronis, emfisema, asma, kanker paru, serta pneumokoniosis.
Melihat kenyataan tersebut, menurutnya perlu dilakukan pengendalian dampak asap pembakaran lahan dan hutan di wilayah ini.

Kabut Asap Dan Bahayanya Bagi Kesehatan Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: habibie kecil